header web pabl 2

Written by Super User on . Hits: 45

PA Blitar gandeng Dispenduk Wujudkan Layanan Prima

Guna memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan di Kab. Blitar, terkait tugas pokok  dan fungsinya (tupoksi), Pengadilan Agama Blitar Kelas 1A bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar mengadakan penandatanganan perjanjain kerjasama (addendum).
Penandatanganan kerjasama (PKS) ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan dalam rapat evaluasi tentang kerjasama yang ditandatangani pada bulan November 2021 dan berlaku hingga tahun 2024, hal mana ada beberapa klausula yang perlu ditambah dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

DSC077721

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang sidang satu Pengadilan Agama Blitar, tepat pukul 14.00 WIB yang dihadiri oleh pimpinan Pengadilan Agama Blitar, para hakim, pejabat struktural dan fungsional, sedangkan dari Disdukcapil dihadiri oleh Kepala Dinas Kepala Dinas, serta beberapa kepala seksi.
Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Blitar, Drs. H. Imam Farok, M.HES., dan Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar, Ir. Suwandito, menandatangani  naskah perjanjian kerjasama.
Dalam sesi sambutan, Imam Farok menyampaikan bahwa penandatanganan kerjasama ini  merupakan tuntutan perkembangan zaman dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih cepat, sederhana dan biaya ringan kepada masyarakat. Hal ini terkait perubahan status para pihak setelah pemeriksaaan perkara dan dikabulkan, kemudian perkara dimaksud telah in cracht (berkekuatan hukum tetap), selanjutnya dikeluarkan akta cerai sehingga semula statusnya jejaka menjadi duda dan perawan menjadi janda demikian pula terhadap perkara adalah usul anak yang ketika dikabulkan oleh hakim, maka penetapan tersebut dijadikan dasar diterbitkannya akta kelahiran.

DSC077791
sambutanketuapa

sambutankepalacapil

Dalam kesempatan selanjutnya, Suwandito menyampaikan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan helat besar bagi dinas kependudukan karena mendukung program dispenduk yaitu pelayanan “cepat, dekat, murah ragat”. Selanjunya dalam akhir sambutan Kepala Dinas berharap semoga kerjasama antara kedua instansi ini  memberikan akses kemudahan bagi masyarakat Kab. Blitar dalam hal kependudukan dan masyarakat secara hukum terlindungi.
Pertemuan kedua instansi ini ditutup dengan foto bersama.

DSC077991

DSC078021

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Blitar:

Jl. Imam Bonjol No.42, Kec. Sananwetan, Kota Blitar 66131

Telp: (0342) 801296
Fax: (0342) 801296

Email: 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Blitar @ 2022